Fakta, Kebun Teh Ini Saingi Keindahan Kebun Teh Puncak

Kebun Teh Medini, Cantiknya Saingi Kebun Teh Puncak
 

Kalau Anda hanya tahu kebun teh ada di kawasan Puncak, Jawa Barat, itu salah. Ada juga kebun Teh Medini di Kendal, Jateng yang tak kalah cantik. Panoramanya pun semakin indah dengan latar Gunung Ungaran.

Menjamurnya perkebunan teh di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa tidak lepas dari dampak penjajahan era kolonialisme Belanda. Di mana terjadi pembangunan di segala sektor termasuk bisnis teh. Indonesia dirasa mempunyai kondisi geologi yang baik untuk mengembangkan perkebunan teh.

Pohon teh membutuhkan daerah yang cukup dingin. Umumnya perkebunan teh di Indonesia berada di kaki gunung. Salah satu kebun teh di Indonesia adalah Kebun Teh Medini.

Kebun Teh Medini berada di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kebun teh ini berada di sebelah utara Gunung Ungaran (2050 mdpl). Kebun teh yang memiliki luas sekitar 386,82 hektar ada sejak tahun 1901. Saat itu masih zaman penjajahan Belanda.

"Desa Ngesrepbalong memiliki potensi wisata, salah satunya Kebun Teh Medini yang menyajikan keindahan panorama alam dan hijaunya perkebunan. Ini dapat membuat turis terkagum-kagum akan keindahan alamnya," ujar Richa, salah satu mahasiswa KKN UNDIP Desa Ngesrepbalong.

Kebun teh ini ditanam dari bibit teh langsung. Namun, karena dirasa terlalu lama untuk tumbuh, maka mayoritas pohon teh di Kebun Teh Medini merupakan hasil pengembangbiakan dengan cara stek (rekayasa perkebunan).


Kebun Teh Medini ini pun, menyajikan pemandangan yang indah. Sejauh mata memandang, pohon teh yang berwarna hijau dan indahnya lanskap Gunung Ungaran sejenak dapat melupakan rutinitas kegiatan sehari-hari dan menyegarkan mata.

Richa juga menambahkan, "Potensinya ada, namun masih kurang infrastruktur jalan karena jalan untuk mencapainya rusak dan berbatu. Namun ini (kebun teh Medini-red) menarik untuk dikembangkan sebagai agrowisata."

sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==