Masih Ingat 5 Masakan Enak Ini? Nasi Gandul sampai Soto Ayam Kemiri!

Yang Enak dari Pati, Nasi Gandul sampai Soto Ayam Kemiri!
 

Bukan hanya nasi gandul, Pati punya beragam kuliner enak. Ada yang berbahan daging kambing mirip gulai sampai mangut kepala ikan manyung!

Mengunjungi Pati, kamu bisa cicip beragam makanan khasnya. Mau sajian nasi, soto atau mangut? Semuanya ada kota dengan semboyan Pati Bumi Mina Tani ini.

1. Nasi gandul

 
Menyebut kuliner Pati, banyak yang langsung menyebut nasi gandul. Tampilan nasi ini mirip nasi pindang dari Kudus, hanya saja tanpa daun melinjo muda. Nasi gandul merupakan persilangan antara soto dan gule dengan kuah santan gurih sedikit manis. Isiannya potongan daging atau lidah sapi. Bisa juga memilih lauk pendamping lain seperti ampela hati dan tempe. Nasi gandul disajikan dengan wadah daun pisang sehingga aromanya harum. Kalau mau mencicipnya, nasi gandul Pati bisa dicicip di Nasi Gandul Romantis H.S Sardi di Desa Gajahmati.


2. Petis runting


 
Mengunjungi Desa Runting, ada petis runting yang wajib dicicip. Panganan ini berbahan daging kambing yang mirip gulai. Bedanya kuahnya lebih gelap dan kental karena dicampur tepung beras dan sum-sum kambing. Petis runting bisa dinikmati di Desa Runting yang ada di Tambaharjo. Sebagai pendampingnya, sate, kikil, lidah atau jeroan bisa dicicip. Harganya yang terjangkau membuat petis runting selalu dicari.

3. Sego Tewel


 
Yang nggak kalah enak dari Pati adalah sego tewel. Sajian nasi dengan sayur nangka muda ini disajikan di atas daun jati. Pelengkapnya gorengan yang gurih empuk. Sego tewel mudah ditemui di Desa Ngerang, Tambakromo. Beberapa warung menjajakan sego tewel di sini. Salah satu yang paling ramai adalah Warung Ijo milik Bu Siti yang masih menawarkan sego tewel langsung di dekat dapur tempat membuatnya.

4. Soto ayam kemiri

 
Pati punya soto enak bernama soto ayam kemiri. Disebut kemiri karena penjualnya rata-rata berasal dari Desa Kemiri. Soto yang disajikan dalam mangkuk kecil ini mudah ditemui di pusat-pusat kuliner Pati seperti Alun-alun Simpang Lima. Di dalam soto berisi suwiran ayam berbumbu kuning. Rasanya gurih nikmat karena pemakaian rempah kemiri sebagai bahan utamanyna. Soto ayam kemiri dijajakan dengan harga relatif murah.

5. Mangut ndas manyung


 
Mangut mudah ditemui di daerah pesisir Jawa, termasuk Pati. Mangut ndas manyung berisi kepala manyung dengan balutan bumbu pedas cabai plus merica. Kuliner khas Kecamatan Juwana ini dijual relatif mahal dengan harga berbeda berdasarkan ukuran kepala ikan manyung. Warung mangut ndas manyung mudah ditemui di sepanjang jalan Pantura Kabupaten Pati dan daerah Juwana. Salah satu yang patut dicicip, mangut ndas manyung buatan Warung Kepala Manyung Sederhana.


sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==