Asyiknya Berlibur Bareng Keluarga di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Asyiknya Berlibur Bareng Keluarga di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani



Akhir pekan lalu menjelang sore, Cirebon Waterland Ade Irma Suryani tampak ramai.

Sejumlah keluarga terlihat menikmati suasana senja di tepian pantai di Jalan Ade Irma Suryani No 1, Kota Cirebon, itu.

Mereka mengajak serta anak-anak dan asyik bermain di sejumlah wahana yang ada.

Ada yang berseluncur di lintasan kelok waterboom, ada pula yang menyusuri kolam sambil duduk santai di ban.



Setidaknya, ada tiga macam kolam air yang tak jauh dari pintu masuk waterland itu.

Yaitu, waterboom untuk anak-anak, kolam arus untuk anak maupun dewasa dan kolam renang olimpic berkedalaman 1,5 meter bagi dewasa.

Wahana taman bermain darat juga tak kalah ramai. Taman ini beralaskan pasir putih laiknya di pantai.

Ada ayunan dan miniatur kapal yang terbuat dari kayu. Melalui tangga biasa dan jembatan rintangan, pengunjung bisa naik kapal.

Manager Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, Dede, melalui stafnya Roni mengatakan, sejak dibuka 1 Juli lalu, antusias masyarakat cukup tinggi.

Bahkan, saat libur Lebaran, pengunjung bisa mencapai 5.000 orang per hari. "Antusias warga bagus. Mereka bangga memiliki tempat wisata main yang dekat karena berada di pusat kota," katanya.

Menurut dia, Waterland seluas 15.000 meter persegi itu menghadirkan wahana permainan modern bagi masyarakat.

Di tempat wisata yang buka setiap hari pukul 09.00-19.00 WIB dan hari libur pukul 08.00-19.00 WIB itu, pengunjung harus merogoh kocek Rp 50 ribu di hari biasa dan Rp 65 ribu di akhir pekan.


Biaya tiket tersebut hanya untuk wahana air dan darat. Belum termasuk sewa ban, wahana mobil dan sewa penginapan.

"Karena baru soft opening, wahana yang ada belum 100 persen. Baru 70 persen. Grand opening akan dilakukan Desember 2015 mendatang," kata dia.

Saat ini, manajemen Waterland tengah menyiapkan wahana lain berupa speedboot, Waterboom untuk dewasa dan wahana ombak air.

Pengelola juga akan melengkapi dengan restoran Jepang.

Tak puas seharian bermain di tempat rekreasi yang berada di samping pelabuhan Cirebon ini, anda bisa menginap.


Pengelola menyediakan penginapan khusus dengan pemandangan laut.

Saat ini, ada 18 cottage yang siap menjadi tempat istirahat. Bangunan cottage mengambil desain arsitektur rumah adat Minang, beratap bentuk limas dan berdiri di atas pantai.

"Kami sediakan penginapan bentuk bungalow. Konsepnya seperti yang ada di Pulau Seribu atau di Bali," imbuh Roni menjelaskan.

Harga sewa permalam bervariasi, tergantung pemandangan dan luasnya. Untuk cottage pool view dipatok Rp 1,5 juta per malam.

Sementara cottage sea view dipatok Rp 1,7 juta per malam. Ada juga yang dipatok Rp 2,5 juta khusus cottage berukuran luas dan bisa menampung banyak anggota keluarga.

"Harga tersebut sudah termasuk paket breakfast dan wahana di Waterland," jelasnya.

Pengelola juga menyediakan foodcourt yang menawarkan berbagai menu makanan. Pengunjung bisa menikmati aneka masakan seperti chicken nugget, waterland fried, nasgor kampoeng dan beef burger.

Letaknya di pusat kota membuat Cirebon Waterland Ade Irma Suryani mudah dijangkau. Tempat rekreasi ini berada sekitar 19 km dari pintu gerbang Tol Palimanan Cirebon.

Anda yang dari arah Jakarta bisa mengambil rute Jalan Panglima Sudirman atau Jalan Raya Aryawinangun-Palimanan. Waktu tempuh dari pintu tol Palimanan sampai lokasi sekitar 35 menit.

Sementara, anda yang dari arah Jawa Tengah, bisa mengambil rute Jalan Pantura via Jalan Panglima Sudirman.

Jarak tempuh lokasi Waterland dari perbatasan Jawa Tengah-Jawa Barat, Losari, sekitar 32 km atau sekitar 40 menit menggunakan kendaraan pribadi. (*)

sumber

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==