Yakin Sudah Pernah Makan Semua? 34 Macam Buah Langka Asli Indonesia (Part 4 - Selesai)

Yakin Sudah Pernah Makan Semua? 34 Macam Buah Langka Asli Indonesia (Part 4 - Selesai)

31. Buah Bisbul


 Buah bisbul adalah kerabat dekat dari buah kesemek. Buah bisbul biasa disebut buah mentega, dalam bahasa Jawa disebut sembolo, sedangkan dalam bahasa Melayu disebut buah lemak.

Buah bisbul ini bisa dimakan langsung saat sudah masak, bisa juga digunakan sebagai campuran rujak.

Buah bisbul berbentuk bulat terkadang bulat gepeng. Kulit buahnya terdapat bulu, berwarna coklat kemerahan dan bisa berubah menjadi kusam ketika sudah matang.

Daging buahnya berwarna putih dengan tekstur kering. Rasa buah ini manis dengan aroma yang harum.

32. Buah Dewandaru

 
Dewandaru memiliki nama ilmiah Eugenia uniflora L., pohon ini memiliki banyak nama sesuai daerahnya, seperti asem selong, belimbing londo, eremai londo atau cereme asam. Dewandaru ini adalah tumbuhan perdu yang memiliki tinggi mencapai 5 meter.

Buah dewandaru berbentuk buni atau bulat dengan diametre sekitar 1,5 cm. Warna buah ini bisa berubah secara bertingkat dari hijau ketika masih muda, menjadi kuning, orange dan merah saat buah ini matang.

Biji dar buah ini kecil, keras dan berwarna coklat. Rasa dari buah ini adalah masam segar, sehingga banyak digunakan untuk rujak atau diolah menjadi asinan dan manisan.

33. Buah Cermai

 
Buah cermai memiliki nama ilmiah Phyllanthus acidus. Buah ini juga memiliki banyak sebutan tergantung daerahnya, seperti ceremoi (Aceh) dan mayom (Thailand).

Buah ini ukurannya relatif kecil dan memiliki bentuk unik seperti buah belimbing wuluh dengan bentuk bulat. Buah ini berwarna hijau muda dan rasanya sangat masam, biasanya dijadikan sebagai bahan rujak, atau diolah menjadi manisan dan asinan.

Buah ini hampir mirip dengan buah dewandaru. Bedanya, kalau buah cermai warnanya tetap hijau dari muda sampai matang, tetapi kalau buah dewandaru warnanya akan berubah sesuai dengan tingkat kematangannya (dari hijau saat masih muda, berubah menjadi kuning, orange, sampai merah saat matang).

34. Buah Kepel

 
Buah kepel atau biasa disebut buah burahol adalah salah satu buah yang digemari oleh orang-orang keraton, khusunya para putri keraton pada jaman dahulu.

Buah ini memiliki nama ilmiah Stelechocarpus burahol. Buah ini banyak ditemui dan menjadi identitas dari DI Yogyakarta. Pohon kepel ini bisa mencapai tinggi hingga 25 meter dengan diameter batang sekitar 40 cm.

Buah kepel memenuhi batang dari pohonnya. Buahnya berbentuk lonjong dan dibagian pangkalnya agak meruncing. Kulit buahnya berwarna coklat keabu-abuan dan bisa berubah menjadi coklat tua saat sudah matang.

Daging buah kepel berwarna kekuningan sampai kecoklatan dengan biji yang cukup besar. Buah ini rasanya cukup manis dan memiliki kandungan saponin, flavonoida dan polifenol.

Demikian macam-macam buah langka di Indonesia yang keberadaannya hampir punah. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==