Uenak Tenan! Sate Srepeh dan Sate Kikil, Sate Enak Khas Rembang dan Jepara

Uenak Tenan! Sate Srepeh dan Sate Kikil, Sate Enak Khas Rembang dan Jepara

 
Wilayah pesisir Jawa Tengah punya banyak jenis sate enak. Mulai dari sate kambing muda khas Tegal sampai sate kikil dari kota kelahiran Kartini, Jepara.

Pencinta sate bisa puaskan selera saat berkunjung ke beberapa kabupaten atau kota di pesisir Jawa Tengah. Pasalnya ada banyak jenis sate enak di wilayah ini. Apa saja? Cek rekomendasi detikFood ini ya!

1. Sate Srepeh

 
Kabupaten Rembang terkenal akan sate srepeh-nya. Berupa sate ayam yang bumbunya berwarna merah kekuningan dan bersantan. Dibanding sate Madura yang populer, bumbu sate srepeh lebih encer. Rasanya manis dengan sensasi pedas dan gurih. Selain daging ayam, sate srepeh juga bisa dibuat dari jeroan ayam, daging kambing atau sapi. Sate srepeh umum dijadikan menu pendamping dari sajian nasi sambal tahu. Salah satu penjual sate srepeh legendaris di Rembang adalah Bu Slamet.

2. Sate Laler


 Selain sate srepeh, Rembang juga punya sate laler yang unik. Sate ini dibuat dari potongan kecil daging kambing. Bedanya saat disajikan sate laler menggunakan bungkus daun jati sehingga aromanya harum. Sebagai pendamping, ada sambal kecap yang diberi irisan bawang merah dan tomat. Sate laler mudah ditemui di sepanjang trotoar Jalan Kartini Rembang.

3. Sate Kerbau

 
Kerbau banyak diolah jadi hidangan enak di Kudus. Salah satunya sate kerbau yang tampilannya gelap berwarna cokelat tua. Sate ini diberi bumbu gula Jawa sehingga aromanya unik dan enak. Meski daging kerbau cenderung lebih keras dibanding sapi, kalau mengolahnya tepat maka sate kerbau juga bisa empuk. Sate kerbau dinikmati dengan saus kacang sebagai cocolannya. Salah satu penjual sate kerbau legendaris di Kudus adalah Pak Min Jastro yang sudah buka sejak pagi hari. Selain Kudus, sate kerbau juga bisa dinikmati di Demak. Ada warung Pak Abu dengan Pasar Kalinyamatan yang bisa disambangi di sana.

4. Sate Ayam Blora

 
Blora punya sate ayam khas berbahan ayam kampung. Potongan dagingnya tipis dengan balutan bumbu yang gurih meresap sebelum dibakar. Racikannya ada kecap manis, bawang putih, gula merah dan ketumbar. Sate ayam lalu disajikan di atas lembaran daun jati dengan sambal kacang, kecap manis, bawang merah goreng, bawang merah mentah dan sambal rawit. Ada juga kuah kuning yang jadi pelengkapnya. Kuah ini terbuat dari santan encer yang diberi bumbu bawang. Makin nikmat disantap dengan potongan lontong.

5. Sate Kambing Tegal

 
Menyebut sate daerah pesisir Jawa Tengah tak bisa meninggalkan sate kambing Tegal. Satenya dibuat dari kambing usia muda sekitar 3 sampai 5 bulan. Karenanya dagingnya lebih empuk dengan paduan selingan lemak muda, hati dan ginjal. Yang khas adalah sambal kecap pelengkap sate kambing. Diracik dari kecap manis dengan paduan irisan cabai rawit, bawang merah dan tomat. Sate bisa dinikmati dengan lontong atau nasi. Salah satu penjual sate Tegal tersohor adalah Sate Mendo Wendi's di Jalan Letnan Jenderal Suprapto.

6. Sate Kikil Jepara

 
Satu lagi sate enak dari daerah pesisir Jawa Tengah yaitu sate kikil Jepara. Sesuai namanya, sate ini dibuat dari potongan kikil yang kenyal. Di Jepara, nama lain sate kikil adalah sate cecek. Bahan utamanya tentu saja kikil sapi dan santan. Bumbu halusnya antara kacang tanah goreng, cabai merah keriting, kencur, bawang putih dan terasi. Sate kikil makin enak dimakan dengan kerupuk kulit.

Sumber





close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==