Bubur Paling Top di Indonesia, Mana Favoritmu?

Bubur Paling Top di Indonesia

 
HIDANGAN bubur merupakan salah satu sajian yang cukup populer di Tanah Air. Tiap daerah juga memiliki bubur dengan ciri khas masing-masing.

Kendati demikian, setidaknya ada lima bubur yang populer di Indonesia. Simak ulasan lengkapnya sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

Bubur Ase

Nama bubur ase diambil karena bubur ini disiram dengan kuah semur di atasnya dan diberikan asinan sayur. Ase sendiri merupakan singkatan dari kata asinan semur.

Bubur yang terbuat dari beras dan campuran santan kelapa ini dilengkapi dengan daging sapi, kentang dan tahu. Asinan sayur juga ditambahkan seperti potongan wortel, mentimun, taoge dan sawi.

Bubur Cianjur

Bubur ayam khas Cianjur, Jawa Barat ini biasanya dibumbui kecap asin dan kuah bumbu pepes. Kuah tersebut terbuat dari kaldu ayam dengan paduan bumbu pepes dan riisan daun bawang, hati ampela dan kentang. Sebagai pelengkap, bubur ini diberi taburan kacang kedelai goreng, emping dan kerupuk putih khas Cianjur.

Bubur Mengguh


Dalam bahasa Bali, bubur mengguh kerap disebut dengan sebutan bubuh. Hidangan ini memang khas Bali dan sering disajikan dalam upacara adat, seperti kelahiran dan lain sebagainya.

Bubur ini terbuat dari beras dan santan serta disuhuhkan dengan ayam berbumbu yang disuwir, kacang, bawang goreng, serundeng dan disiram dengan kuah ayam kental. Umumnya, hidangan bubur ini disajikan dengan urap sayur.

Bubur Sukabumi

Bubur ayam khas Sukabumi biasanya menggunakan racikan bumbu soto. Sebagai taburan, diberikan cah sawi asin, semur kentang, mentimu, tahu goreng, cakwe dan kulit pangsit goreng di atasnya.

Bubur Tinutuan

Bubur tinutuan adalah bubur khas Manado yang dimasak bersama sayuran. Biasanya, sayuran yang digunakan adalah daun melinjo, kemangi dan kangkung. Berbagai pelengkap diberikan seperti umbi dan jagung manis.

Sebagai penambah rasa, bubur ini juga diberikan ikan tongkol atau ikan asin serta nikmat disajiakn dengan sambal dabu-dabu atau sambal terasi.

Sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==