Pecel Ndeso, Pecel Madiun dan Pecel Nganjuk yang Sedep Mantep!

Pecel Ndeso, Pecel Madiun dan Pecel Nganjuk yang Sedep Mantep!

 
Suka pecel? Pecel bukan hanya dengan sayuran, bisa ditambah bihun hingga gorengan renyah. Rasanya makin mantap, pedas dan gurih!

Pecel atau pecal merupakan makanan yang disajikan dengan menggunakan sambal kacang. Pecel seringkali disajikan dengan bahan utama yaitu sayuran, bisa juga diganti dengan bihun dan juga gorengan. Berasal dari daerah Jawa, kini pecel sudah dikenal ke beberapa daerah di luar Jawa.

Jenis pecel beragam, mulai dari pecel ndeso, pecel Madiun hingga pecel Nganjuk. Pecel ndeso asal Solo ini tidak dibuat dengan sambal kacang, akan tetap dibuat dari sambal wijen hitam. Aneka sayuran yang direbus diracik di pincuk daun pisang dan disiram dengan sambal wijen hitam.

Sedangkan di Madiun menggunakan sambal yang terbuat dari kacang tanah goreng, cabai merah, gula merah, kencur, jeruk limau, terasi hingga asam Jawa. Rasanya gurih pedas dengan campuran sayuran rebus yang renyah dan dipadu dengan rempeyek.


Sedangkan untuk pecel Nganjuk ini hampir sama dengan pecel Madiun, hanya saja penyebutannya berbeda. Karena rasanya lebih pedas, pecel ini sering disebut dengan nasi pecel Bledek Nganjuk.

Selain dijual di rumah makan, pecel juga banyak dijajakan dengan menggunakan pikulan. Penjual pecel biasanya berdagang pada pagi hari, dengan cara penyajiannya menggunakan pincuk daun pisang yang sebagai pengganti piring. Selain nasi, pecel juga biasanya bisa disajikan bersama dengan lontong, bihun dan juga gorengan seperti tahu isi ataupun tempe goreng.

Untuk harga pecel tradisional ini biasanya dibandrol dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Tergantung isian yang dipilih.

Kalau Anda termasuk pecinta pecel, bisa juga membeli sambal kacang yang sudah jadi sehingga Anda cukup menyeduhnya dengan air hangat. Kemudian mencampurkannya dengan aneka sayur rebus. Untuk sambal pecel instannya biasanya dijuak dengan harga sekitar Rp 20.000 hingga Rp 35.000 per bungkusnya. Ini bisa Anda temukan di pasar tradisional ataupun pusat oleh-oleh.

sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==