WADER, IKAN GURIH YANG BIKIN NAGIH

Kriuk Renyah Wader Khas Yogya

 
Wader, ikan mungil yang nyaris mirip ikan teri ini ternyata memiliki penggemar tersendiri. Meskipun kecil namun rasanya kriuk renyah ketika digoreng. Mau dimakan sebagai camilan atau dijadikan lauk-pauk makan hmm... keduanya sama nikmatnya!

Ikan wader merupakan salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan air tawar seperti sungai, kolam, dan waduk. Wader termasuk dalam suku Cyprinidae dan memiliki ukuran yang khas yaitu sebesar jari kelingking saja. Apa sih yang istimewa dari ikan ini?

Di Jawa khususnya Yogyakarata, ikan wader banyak dijual terutama di rumah makan atau di kios-kios penjual oleh-oleh. Ikan ini banyak dijumpai di sungai-sungai sekitar Yogya dan memancingnya menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Selain itu memancing ikan wader tidak terlalu silit karena hidupnya bergerombol dan tergolong rakus sehingga memancingnya juga mudah.

Ikan wader biasanya diolah dengan cara digoreng kering. Ukurannya yang kecil saat digoreng kering menjadi sangat gurih renyah dan kriuk... kriuk sehingga cocok juga dijadikan camilan. Saking populernya ikan wader sudah dianggap sebagai salah satu camilan khas kota Yogya. Ikan ini biasanya dibungkus dalam bungkus plastik transparan sebagai oleh-oleh khas.

Selain itu wader juga biasanya disajikan sebagai lauk untuk makan siang atau malam. Bahkan ikan ini populer di warung-warung sebagai salah satu lauk yang disantap bersama dengan lalapan seperti timun, daun kemangi beserta sambal. Rasanya yang renyah seperti kerupuk plus cocolan sambal dan nasi putih yang pulen nyam...nyam membuat lidah tidak bisa berhenti bergoyang. Sedep tenan!

sumber
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==